komputer murah Raspberry Pi Zero

Komputer Update -Raspberry Pi Zero, Komputer Mungil Harganya 100 Ribuan
Pemakaian komputer mungil atau biasa disebut single board computer beberapa tahun terakhir memang sedang eksis dan marak digunakan. Terutama dalam dunia robotika dan juga pemrograman ringan. Kita mungkin telah mengenal Raspberry Pi, atau Arduino, atau komputer single board lainnya. Sekarang beredar lagi salah satu produk dari Raspberry, yaitu Raspberry Pi Zero.

Raspberry Pi Zero yang belum lama ini dari segi fisik sedikit mengalami perubahan, yaitu lebih ramping dan lebih pendek. Selain itu, terdapat juga prosesor dari Broadcom BCM2835, yang mana prosesor ini lebih cepat 40% dari Raspberry Pi generasi pertama.
Untuk RAM nya sendiri memang tidak sebanyak seperti Raspberry Pi 2, yaitu hanya sebesar 512MB dengan jenis RAM yang dipakai adalah LPDDR2. Ada juga 2 buah port micro USB yang digunakan sebagai input daya dan kepeluan data, sebuah port mini HDMI, dan slot micro SD. Tidak ketinggalan adanya 40 buah pin GPIO yang kompatibel dengan penggunaan aksesoris tambahan yang biasa digunakan di Raspberry Pi A+, B+, atau 2B.
Karena ukuran Raspberry Pi Zero ini lebih kecil, hanya berdimensi 65mm x 30mm x 5mm, yang mana ukuran ini tidak melebihi ukuran kartu kredit, maka tidak ada port Ethernet seperti seri Raspberry Pi lainnya. Sehingga untuk koneksinya bisa memanfaatkan dari port micro USB dengan menggunakan WiFi USB dongle.
Bagi yang masih bertanya, seberapa besar sih kemampuan dari Raspberry Pi yang memiliki ukuran kecil ini? Single board computer ini bisa digunakan untuk membuat home automation seperti, menyalakan lampu rumah melalui internet, atau membuka garasi secara otomatis yang dapat dibuka melalui smartphone, dengan mengakses melalui web, sehingga dapat dikendalikan jarak jauh. Atau menjadi server untuk media streaming di rumah.
Untuk harganya sendiri, Raspberry Pi Zero ini jauh lebih murah dibanding dengan single board computer yang saat ini beredar. Di beberapa situs, Raspberry Pi Zero dipatok harga sebesar 5 USD atau sekitar 70 ribu Rupiah. Untuk sistem operasinya, Raspberry Pi Zero ini dapat menjalankan Raspbian, seperti yang digunakan di perangkat Raspberry Pi lainnya.

1 Response to "komputer murah Raspberry Pi Zero"