Ilmuwan Jepang berhasil membuat hologram yang bisa di sentuh



Update News-Sekelompok ilmuwan Jepang berhasil membuat teknologi hologram yang bisa disentuh. Teknologi itu menampilkan obyek tiga dimensi yang bisa dimanipulasi menggunakan tangan.

Hologram sentuh ini adalah eksperimen di Utsunomiya University Center for Optical Research and Education. Para ilmuwan itu mengembangkan teknologi laser yang disebut Cahaya Peri. Teknologi serupa pernah diperagakan sebelumnya, namun pancaran laser yang digunakan untuk membuat hologram itu masih berbahaya untuk kulit manusia.

Sistem yang dikembangkan para ilmuwan Jepang itu bisa menembakkan gelombang laser frekuensi tinggi yang bertahan dalam waktu sangat singkat. Gelombang itu bereaksi dengan sentuhan manusia. Ketika diinterupsi, hologram-hologram itu bisa dimanipulasi di tengah udara.  

Yoichi Ochiai, salah satu peneliti utama dari Universitas Tsukuba, meyakini teknologi ini bisa digunakan di bidang hiburan, kedokteran, dan arsitektur. Ochiai mengatakan hologram sentuh ini berpotensi mengubah interaksi manusia dan cahaya. Teknologi yang ada saat ini tidak memungkinkan manusia berinteraksi dengan cahaya dan merasakannya seperti sebuah materi.

Menurut Ochiai, jika sebuah gambar bisa diproyeksikan dalam bentuk tiga dimensi dan dapat disentuh, seseorang akan bisa merasakannya. “Kehidupan manusia dapat berubah saat kita memakai laser yang lebih besar di ruang yang lebih lapang sehingga orang bisa menyentuhnya.”

Laman sains Pulse Headlines menyebut jika teknologi ini dikembangkan, keyboard komputer bisa dibuat mengunakan pancaran cahaya yang mengarah ke pangkuan seseorang. Teknologi lainnya adalah orang bisa menyentuh citra virtual teman bicaranya

0 Response to "Ilmuwan Jepang berhasil membuat hologram yang bisa di sentuh"

Post a Comment